Senin, 03 Juni 2013

Berikut cerita saya pada Pertemuan Ketujuh Tanggal 27 - 03 – 2013


Hmm .. pertemuan ketujuh ini merupakan pertemuan yang agak mengagetkan saya karena dosen yang masuk di ruangan bukanlah dosen yang sebelumnya akan tetapi dosen lain yang di panggil Ibu Umi . dosen ini tidak mengantarkan materi Ilmu Komputer tapi bisa di bilang siraman rohani karena dosen ini mempunyai ilmu agama yang lumayan dalam . kamipun di beri aktfitas yang benar dari aktifitas yang sebelumnya kami jalankan sehari – hari yang tentunya sesuai syariat islam . setelah beberapa menit menjelaskan barulah datang dosen yang di tunggu – tunggu yang pastinya dosen pembimbing mata kuliah Ilmu Komputer dan di lanjutkan dengan pembahasan jaringan komputer . saya ingin memperlihatkan dahulu alat yang digunakan untuk membentuk LAN yang sama seperti slide yang ditampilkan oleh dosen , berikut cuplikan slidenya : 


Setelah slide tadi beralih ke definisi lebih rinci dari jaringan komputer , slide per slide yang di tampilkan oleh dosen yang sempat saya tulis garis – garis besarnya yaitu :
JARINGAN KOMPUTER
-          Kumpulan beberapa komputer yang terhubung oleh pheriperal (terkoneksi) .
-          Kumpulan beberapa komputer yang melakukan instruksi yang sama .
-         Sekelompok komputer otonom yang saling berhubungan antara satu dengan yang lain menggunakan protokol      komunikasi melalui media komunikasi sehingga dapat berbagi informasi .
Manfaat jaringan komputer
-          Sharing resource
-          Menghemat pheriperal
-          Jaringan informasi
-          Pengembangan dan pemeliharaan
-          Integrasi data
-          Keamanan data
-          Sumber daya lebih efisien dan informasi terkini
Macam – macam jaringan komputer
-          Jaringan broadcast
-          Point to point
-          LAN
-          MAN
-          WAN
Topologi jaringan (menguraikan bagaimana komputer bisa terhubung satu sama lain)
-          Bus
-          Ring
-          Star
Faktor pemilihan topologi
Biaya , kecepatan , lingkungan , konektivitas , dan ukuran .
Jenis koneksi
-          Kabel UTP = ±100 m (wirelan)
Satu kabel isi 8 dan masing – masing di pelintir untuk mengurangi induksi .
-          Nirkabel = wireless LAN
Accespoint (pusat konsentrasi semua komputer dalam jaringan) .
Dari yang saya catat ini sebelumnya sudah saya pahami waktu SMK jadi saya mudah memahaminya . setelah pemberian materi ini , dosen memberikan tugas meliputi : ‘Buat rancang bangun jaringan wireless terdiri dari 4 client terkoneksi denga kabel dan 2 client terkoneksi dengan wireless’ . setelah diberikan tugas ini dalam hati saya berkata bahwa tugas ini akan saya kerjakan di Borland Delphi yang tentunya sudah saya pahami cara kerjanya dan semoga saja tugas yang saya kumpulkan pada pertemuan berikutnya benar AMIN YA ALLAH J



Tidak ada komentar:

Posting Komentar