Senin, 03 Juni 2013

Berikut cerita saya pada Pertemuan Keempat Tanggal 06 - 03 – 2013


Yak , hari ini adalah hari yang lumayan menegangkan buat saya meskipun setiap ada diskusi saya memang selalu tegang . hari ini merupakan diskusi hasil materi yang sudah dibagikan . tentunya kelompok saya sudah menyelesaikan meskipun ada sedikit kesalahan tanggal pada makalah kelompok saya tapi syukur bisa diterima oleh dosen . pembahasan hasil makalah diskusi hari ini ternyata tidak seperti pembahasan yang biasanya , akan tetapi setiap anggota kelompok di sebar kekelompok yang lain agar masing – masing dapat ilmu tentang materi dari kelompok lain . setelah disebar kami berdiskusi tentang masing – masing materi kami . yang sempat teringat yaitu materi dari kelompok 3 yaitu mengenai output device yang merupakan alat keluaran hasil pengolahan data yang di golongkan ke dalam empat macam bentuk yaitu : Text , Image , Suara , dan bentuk yang bisa di baca oleh mesin , adapula kerusakan dari Output device salah satunya yaitu monitor yang tidak menyala dan solusinya yaitu periksa kabel konektor yang terhubung ke CPU . serta materi dari kelompok 4 yaitu mengenai strorage device yakni tempat penyimpanan data pada komputer seperti : harddisk , flashdisk , floppy disk , opticaldisk , dll . setelah beberapa menit , anggota kelompok yang tadinya disebar kembali ke kelompok masing – masing untuk menyatukan materi  yang didapatkan dari kelompok lain . berikut hasil penyatuan materi dari kelompok lain yang kami dari kelompok 3 menuliskannya di kertas . setelah pemaparan hasil diskusi kami , selanjutnya pemberian soal dari dosen mengenai software . soal yang diberikan ada 8 butir soal yang harus di jawab dalam waktu 20 menit . berikut soalnya :
  1.       Apakah  Software / perangkat lunak itu ?
  2.       Apa saja jenis-jenis software / perangkat lunak ?
  3.       Apa yang di maksud dengan sistem operasi ?
  4.       Tuliskan jenis-jenis sistem operasi yang ada ?
  5.       Bagaimana proses penggunaan windows 7 ?
  6.       Apakah microsoft word tremasuk software pemrograman ? alasan !
  7.       Apa sajakah yang termasuk software aplikasi ?
  8.       Jelaskan perbedaan antara software berbayar – freeware – opensource !
  Jawab
  1.       Software adalah perangkat lunak yang hanya bisa di lihat , yaitu berupa program komputer yang          menjalankan suatu perintah .
  2.       Jenis-jenis software : perangkat lunak sistem operasi , perangkat lunak bahasa pemrograman , dan perangkat lunak aplikasi .
  3.       Sistem operasi adalah suatu alat penghubung atau interface antara pengguna komputer dari komputer dengan perangkat keras komputer .
  4.       Jenis – jenis sistem operasi : 1. Windows 2. Linux 3. Unix 4. VMS (video message)
  5.       Proses penggunaan windows 7 yaitu di instalkan pada komputer kemudian di instalkan kembali aplikasi agar dapat di gunakan .
  6.       Ms.Word tidak termasuk software pemrograman karena Ms.Word termasuk software aplikasi yang berfungsi untuk pengolahan data sedangkan yang termasuk software pemrograman yaitu Notepad .
  7.       Software aplikasi yaitu microsoft office , adobe  photoshop , mozilla forefox , winamp , dll .
  8.      - software berbayar yaitu software yang harus di beli dahulu lalu dapat di download
      -   Freeware yaitu software yang dapat di download akan tetapi memiliki periode tertentu setelah    berakhir masa periodenya di haruskan untuk membeli
        -   Opensource yaitu dapat di download bebas dan didistribusi ulang .
Setelah menjawab soal tadi , belum sempat membahas kesalahan ataupun kebenaran dari jawaban yang kami tulis tapi waktu sudah habis jadi dilanjutkan minggu depan . Yah , inilah yang bisa saya ceritakan dari pertemuan keempat Mata Kuliah Ilmu Komputer .



To be continue ---->

Tidak ada komentar:

Posting Komentar