Senin, 03 Juni 2013

Berikut cerita saya pada Pertemuan Kelima Tanggal 13 - 03 – 2013


Pertemuan kelima ini , membahas materi SOFTWARE pada pertemuan minggu lalu yang belum sempat terbahas . berikut materi yang di tampilkan dosen melalui slide powerpoint yang sempat saya tulis dan pahami yaitu :
1.       Software merupakan sekumpulan instruksi yang sistematis untuk menjalankan suatu perintah seperti memberikan informasi tentang hardware , memutuskan fungsi hardware , dan menjalankan sistem .
2.       Jenis software ada yang berdasarkan fungsinya yaitu Sistem Operasi (penghubung antara user dan komputer) , Software Pemrograman (seperti bahasa pascal , C++ , java , dll) , dan Software Aplikasi dan Berdasarkan Pendistribusiannya yaitu Software Berbayar (harus dibeli) , Shareware (bisa dibagikan tapi tidak bisa dijual dan dalam jangka waktu terbatas) , Freeware (bebas menggunakan tapi tidak bisa di edit atau modifikasi) , dan Open Source (bisa di modifikasi , download bebas , serta bisa dijual) .
3.       Sistem Operasi yaiti seperangkat program yang mengelola sumber daya perangkat keras komputer dan menyediakan layanan untuk aplikasi software . adapun jenisnya yaitu MS.Dos , Unix yang di perkenalkan oleh Ken Thomson dan Dennis Ritche pada tahun 1931 , Windows , linux yang di buat oleh Linux Trovalt pada tahun 1991 , dan Mac OS di perkenalkan pada bulan Januari .
4.       Software Program yaitu program perangkat lunak yang digunakan oleh pengembang perangkat lunak untuk membuat debug program . dan Software aplikasi yaitu seperangkat komputer untuk melaksanakan pekerjaan tertentu pengelolahan untuk user .
Setelah pemberian materi di atas meskipun tidak selengkap yang berada di slide , dosen menyuruh kami membagi kelompok yang terdiri dari 3 orang untuk masing – masing kelompok . masing – masing kelompok diharuskan membuat 1 pertanyaan dan 1 lagi pertanyaan cadangan selama lima menit  . setelah masing – masing sudah memegang pertanyaan saatnya kelompok 1 yaitu kelompok saya melemparkan pertanyaan , pertanyaan yang saya lemparkan yaitu ‘pada bulan berapakah Mac OS di perkenalkan ?’ dan dosenpun menunjuk kelompok yang menaikkan tangannya terlebih dahulu untuk menjawab yaitu dari kelompok 3 dan jawabannyapun benar yaitu pada bulan Januari . betapa cemberutnya saya karena dengan menjawab benar maka akan mendapatkan nilai 100 . adapun pertanyaan yang paling saya ingat namun lupa dari kelompok berapa yaitu ‘siapakah pembuat sistem operasi linux ?’ serentak semuanya menjawab Linux Torvalt , semuanya rata – rata menjawab dengan jawaban yang sama . saya menunggu untuk kelompok saya di tunjuk untuk menjawab  dan ketika kelompok sayapun di tunjuk dengan semangatnya saya menjawab yaitu Linux Trovalt . dan kelompok sayapun mendapatkan tambahan nilai 100 . perkuliaham pada pertemuan ini lumayan membuat saya tambah semangat dalam Mata Kuliah ini meskipun memang pada awalnya saya suka mempelajari tentang Komputer yang sebelumnya sudah saya dalami sejak SMK di Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan , inilah yang bisa saya ceritakan di pertemuan kelima ini .



To be continue ---->

Tidak ada komentar:

Posting Komentar